Cara Dan Langkah Melakukan Reservasi Program Vaksinasi Covid-19 Hong Kong

Cara Dan Langkah Melakukan Reservasi Program Vaksinasi Covid-19 Hong Kong

Program vaksinasi Covid-19 Hong Kong telah dimulai, jika anda memenuhi salah satu persyaratan yang ditentukan pemerintah Hong Kong, maka akan diperbolehkan untuk mengikuti program vaksinasi tersebut secara gratis.

Persyaratan untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19 secara gratis di Hong Kong

  • Penduduk Hong Kong usia 30 tahun keatas.
  • Pelajar dengan usia 16 tahun ke atas yang sekolah atau kuliah di luar negeri yang saat ini sedang berada di Hong Kong.
  • Pekerja rumah tangga asing yang bekerja di Hong Kong (termasuk PMI)
  • Dan lainnya.

Langkah melakukan pendaftaran / reservasi secara online

1. Masuk situs web pemerintah Hong Kong di https://www.covidvaccine.gov.hk/en/


2. Tekan bagian atas kanan dan memilih "Book Vaccination"


3. Tekan jenis vaksin Covid-19 yang ingin digunakan.  Untuk sementara ini terdapat 2 jenis vaksin yaitu "Sinovac" atau "BioNTech".  Informasi lebih lanjut mengenai berbagai macam vaksin Covid-19 yang digunakan di Hong Kong bisa baca di artikel Mengenal Vaksin-vaksin Yang Digunakan Di Hong Kong Serta Kemungkinan Efek Samping Yang Timbul .


4. Baca penjelasan mengenai proses reservasi dan pilih "Start Booking"


5. Baca isi penjelasan mengenai penanganan data privasi kemudian pilih "I (and the carer) have read and agree to the terms and conditions above." kemudian tekan "Next".


6.  Isi data HKID dan memilih golongan yang sesuai (untuk PMI pilih "Priority Group for Vaccination"), kemudian pilih "I'm not a robot" dan tekan "Next".


7. Bagian ini harus dibaca baik-baik karena merupakan penjelasan kondisi kesehatan tubuh seperti apa saja yang tidak disarankan melakukan vaksinasi.  Jika anda tidak mempunyai salah satu gangguan kesehatan yang tertulis maka dapat melanjutkan dengan tick di kotak-kotak kemudian tekan "Next".


8. Bagian ini untuk sekaligus mendaftarkan data kesehatan anda di Electronic Health Record Sharing System (eHealth). Sistem tersebut bertujuan untuk membagikan data kesehatan dan sejarah penyakit pasien untuk seluruh rumah sakit, klinik pemerintah atau pribadi dan dokter di Hong Kong yang telah terdaftar menggunakan sistem ini.  Jika anda tidak jelas bisa memilih "Decided later" dan tekan "Next", kemudian meminta penjelasan lebih lanjut sewaktu datang ke salah satu pusat vaksinasi sewaktu vaksinasi dosis pertama.


9. Isi nomor telepon anda di bagian "Contact Phone Number" dan memilih bahasa yang digunakan untuk menerima konfirmasi SMS di bagian "Please Select a Language Preference for SMS Message Notifications", kemudian memilih lokasi vaksinasi, tanggal dan waktu untuk vaksinasi dosis pertama dan kedua.  Setelah itu tekan "Next"


10. Jika semua data sudah benar maka akan muncul halaman bahwa anda telah berhasil membuat reservasi program vaksinasi Covid-19 Hong Kong seperti di bawah ini.  Dalam 24 jam pemerintah juga akan mengirim konfirmasi melalui SMS ke telepon genggam anda.


11. Cetak halaman tersebut atau simpan gambar halaman tersebut di telephon genggam anda.

12. Pada hari vaksinasi dosis pertama, ingat membawa HKID dan tunjukkan konfirmasi dari gambar halaman yang telah tersimpan di telephon genggam anda atau konfirmasi yang diterima melalui SMS.

13. Ceritakan kepada petugas riwayat penyakit yang terdapat pada anda dan jika anda ingin sekaligus daftar Electronic Health Record Sharing System (eHealth) dapat memberitahukan kepada petugas disana.

14. Setelah vaksinasi anda akan diminta istirahat di area khusus dalam pusat vaksinasi selama 15 menit, setelah itu dapat kembali ke rumah.

15. Ingat untuk mendatangi pusat vaksinasi untuk melakukan vaksinasi dosis kedua sesuai jadwal yang telah anda pilih.


Saran dan pesan sebelum melakukan vaksinasi Covid-19 

  • Perhatikan kondisi tubuh anda beberapa hari sebelum melakukan vaksinasi, jika merasa tidak enak badan seperti demam, batuk atau pilek diharapakn langsung konsultasi kepada dokter dan undurkan jadwal vaksinasi sampai sembuh dan sehat kembali.
  • Sebelum menuju pusat vaksinasi melakukan vaksinasi, makan yang cukup dan jangan sampai perut kosong.
  • Jangan terlalu tegang, karena banyak kasus tidak enak badan setelah vaksinasi disebabkan karena kegelisahan dan ketegangan yang berlebihan.  Jika anda ragu dan gelisah, lebih baik membatalkan jadwal vaksinasi semula dan reservasi kembali jika anda sudah benar-benar yakin untuk melakukan vaksinasi.

Sumber: Department of Health HK 

Berita terkait

Reservasi Vaksinasi Covid-19 Hong Kong Untuk Semua Pekerja Rumah Tangga Asing (Termasuk PMI) Dan Penduduk Hong Kong Usia 30-59 Tahun Dimulai 16 Maret 2021 Pukul 09.00

Sekretaris Pegawai Negeri Sipil Hong Kong, Patrick Nip Tak-kuen (聶德權) pada sebuah konferensi pers hari ini (15 Maret 2021) mengumumkan pemerintah telah memutuskan untuk memperluas golongan yang dapat terlebih dulu mendapatkan vaksinasi Covid-19 di Hong Kong.
https://www.oranghongkong.com/berita-menarik/reservasi-vaksinasi-covid-19-hong-kong-untuk-semua-pekerja-rumah-tangga-asing-termasuk-pmi-dan-penduduk-hong-kong-usia-30-59-tahun-dimulai-16-maret-2021-pukul-09-00

By accepting you will be accessing a service provided by a third-party external to https://www.oranghongkong.com/