Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Hong Kong sedang mengadakan lomba fotografi dengan tema "Warna-Warni Indonesia di Perantauan" dan lomba penulisan kreatif "Perjuangan di Masa Pandemi" dan batas waktu penumpulan sampai dengan 9 Agustus 2021.

Continue reading

Sekretaris Perburuhan dan Kesejahteraan Hong Kong, Law Chi-kwong (羅致光) pada wawancara dengan sebuah stasiun radio lokal pada tanggal 24 Juli 2021 menyatakan pemerintah sementara ini tidak mempunyai rencana untuk melakukan pelonggaran terhadap pekerja rumah tangga Indonesia dan Filipina untuk datang ke Hong Kong.  Menurut beliau sekarang bukan saat yang tepat melakukan pelonggaran tersebut.

Continue reading

Diperkirakan terdapat 5000 pekerja rumah tangga Indonesia dan Filipina yang telah mendapatkan visa kerja di Hong Kong namun karena Indonesia dan Filipina tergolong dalam daftar negara dengan resiko pandemi Covid-19 tertinggi yaitu grup A oleh pemerintah Hong Kong, maka sampai saat ini mereka belum diperbolehkan melakukan penerbangan ke Hong Kong.

Continue reading

Pemerintah Hong Kong pada tanggal 28 Juni 2021 mengumumkan bahwa direktur Departemen Tenaga Kerja Hong Kong, Chris Sun Yuk Han (孫玉菡) menyetujui untuk memperbolehkan pengajuan permohonan perpanjangan kontrak kerja pekerja rumah tangga asing yang berakhir sebelum 30 September 2021 paling banyak 3 bulan dengan persetujuan pihak majikan dan pekerja rumah tangga asing.  Kebijakan tersebut mulai berlaku 28 Juni 2021.

Continue reading

Akhir-akhir ini mendapat beberapa laporan dari para majikan di beberapa forum online Hong Kong bahwa pihak Kepolisian mendatangi rumah mereka dan menangkap pekerja rumah tangga yang bekerja di rumah mereka dengan alasan mereka terkait dengan kasus "Money laundering" yaitu pencucian uang.

Continue reading

Juru bicara Biro Makanan dan Kesehatan Hong Kong (食物及衞生局) pada tanggal 9 Mei 2021 menyatakan bahwa pada wajib tes Covid-19 untuk pekerja rumah tangga asing yang dimulai pada tanggal 1 Mei 2021 sampai dengan 9 Mei 2021 pukul 18.00 terdapat sekitar 340,000 pekerja rumah tangga asing yang telah melakukan tes Covid-19.

Continue reading

Peringatan bagi para pekerja rumah tangga asing di Hong Kong yang belum melakukan wajib tes Covid-19 yang diinstruksikan oleh pemerintah Hong Kong yang telah di mulai pada tanggal 1 Mei 2021 dengan batas waktu terakhir melakukan tes tersebut pada tanggal 9 Mei 2021.

Continue reading

Konsulat Jenderal Filipina di Hong Kong, Raly L. Tejada pada sebuah wawancara dengan media lokal mengatakan bahwa Konsulat Jenderal Filipina di Hong Kong mendukung program vaksinasi yang diberikan secara gratis di Hong Kong, namun warganegara Filipina tidak perlu dipaksa untuk menerima vaksinasi karena ia percaya mereka sanggup melakukan hal yang benar.

Continue reading

Selain pusat tes Covid-19 dan pos pengumpulan spesimen keliling yang terdapat di berbagai daerah di Hong Kong, pemerintah Hong Kong juga menambahkan 5 lokasi khusus untuk para pekerja rumah tangga asing melakukan tes Covid-19 untuk tanggal 1-2 Mei 2021.

Continue reading

Sekretaris Perburuhan dan Kesejahteraan, Law Chi-kwong (羅致光) pada sebuah konferensi pers hari ini (30 April 2021) menyatakan bahwa pemerintah sedang merencanakan untuk menambah beberapa persyaratan baru untuk kontrak kerja pekerja rumah tangga asing (kontrak baru dan perpanjangan kontrak) seperti harus menerima vaksin Covid-19 yang diakui pemerintah Hong Kong.

Continue reading