Tahukah Anda? Hong Kong Museum of History Sebelum Tahun 1978 Adalah Markas Tentara Inggris

Tahukah Anda? Hong Kong Museum of History Sebelum Tahun 1978 Adalah Markas Tentara Inggris

Hong Kong Museum of History 香港歷史博物館 (heung1 gong2 lik6 si2 bok3 mat6 gun2) tentunya sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia yang lama tinggal di Hong Kong.  Tetapi tidak banyak yang tahu bahwa sebelum dibangunnya Hong Kong Museum of History, area tersebut dan sekitarnya adalah sebuah markas tentara Britania Raya yaitu Chatham Road Camp 漆咸道軍營 (chat1 haam4 dou6 gwan1 ying4) yang mulai beroperasi pada tahun 1946.

Markas tentara sekaligus tempat interogasi tahanan politik

Chatham Road Camp selain berfungsi sebagai tempat penempatan tentara Britania Raya, markas tersebut juga berfungsi sebagai tempat tahanan dan interogasi kasus yang terkait politik seperti mata-mata dari Daratan China yang tertangkap pada waktu itu.

Daerah Tsim Sha Tsui dan East Tsim Sha Tsui pada tahun 1960an. Bagian tengah bawah foto adalah Chatham Road Camp.

Pernah menjadi pusat karantina penyakit kolera dan tempat tahanan remaja pelaku kriminal

Pada tahun 1961, markas tersebut pernah menjadi sebuah pusat karantina untuk pasien penyakit kolera selama 1 bulan.  Kemudian pada tahun 1973, sebagian area markas diserahkan kepada Departemen Layanan Penjara Hong Kong (Prisons Department dan sekarang Hong Kong Correctional Services Department) sebagai tempat tahanan remaja pelaku kriminal.

Chatham Road Camp pada tahun 1967. Bagian kiri foto adalah Chatham Road, kanan adalah rel kereta dari Daratan China. Pada waktu itu area Clock Tower adalah stasiun kereta.

Markas diserahkan kembali ke pemerintah Hong Kong kemudian menjadi sebuah taman

Pada tahun 1978, Chatham Road Camp diserahkan kembali ke pemerintah Hong Kong oleh tentara Britania Raya, kemudian pemerintah Hong Kong memutuskan menjadikan lahan tersebut menjadi sebuah taman yang merupakan bagian dari Hong Kong Science Museum 香港科學館.

Taman tersebut resmi dibuka pada tahun 1990.  Namun demikian, beberapa tahun kemudian pemerintah memutuskan taman tersebut dijadikan lokasi baru untuk membangun Hong Kong Museum of History.  Museum tersebut kemudian selesai dibangun dan resmi dibuka pada tahun 1998.

Pintu utama Hong Kong Museum of History. [Foto: Wikipedia]
Tahukah Anda? Chinese Goods Centre Di North Point ...
Tahukah Anda? Masjid Chai Wan Adalah Pengganti Mas...