Tahukah Anda? Nama Chater Road Berasal Dari Seorang Karyawan Bank Biasa Yang Menjadi Orang Terkemuka

Tahukah Anda? Nama Chater Road Berasal Dari Seorang Karyawan Bank Biasa Yang Menjadi Orang Terkemuka

Chater Road 遮打道 (je1 da2 dou6) yang terletak di daerah Central adalah tempat yang dikenal sebagai tempat paling favorit para Pekerja Rumah Tangga Filipina untuk berkumpul di setiap hari Minggu.  Nama dari jalan tersebut berasal dari seorang karyawan bank etnis Armenia yang bekerja dari posisi paling bawah kemudian menjadi salah satu orang paling terkemuka di Hong Kong sejak tahun 1880an yaitu Sir Catchick Paul Chater.

Ke dua orang tuanya meninggal ketika Paul Chater berusia 6-7 tahun

Paul Chater adalah seorang etnis Armenia yang lahir pada tanggal 8 September 1846 di Kolkata, India yang pada waktu itu masih menjadi sebuah wilayah jajahan negara Britania Raya.  Paul Chater 13 kakak beradik dan ayahnya bekerja sebagai seorang pegawai pemerintah pada waktu itu.  Ayah dan ibu dari Paul Chater meninggal ketika ia masih berusia 6-7 tahun.

Memilih untuk bekerja dan tinggal di Hong Kong

Paul Chater kemudian kuliah di universitas paling terkenal di Kolkata pada waktu itu yaitu La Martiniere College dan selesah lulus dari sana ia pergi ke Hong Kong pada bulan April 1864 dan tinggal bersama salah satu kakak perempuan dan suaminya di sebuah apartemen di Wyndham Street, Central.

Pada tahun 1864 Paul Chater diterima oleh sebuah bank di Hong Kong bernama Bank of Hindustan, China and Japan 利生銀行 (lei6 sang1 ngan4 hong4) dan pada mulanya ia bekerja sebagai petugas yang mengisi buku tabungan untuk para pelanggan.  Ketika masih bekerja di bank tersebut, Paul Chater berkenalan dengan anggota dari Sasson Family yaitu salah satu keluarga etnis Yahudi paling terkemuka di dunia pada waktu itu yang berada di Hong Kong.  Atas hubungan dengan keluarga ini, Paul Chater berhasil meraih perhatian dari penduduk-penduduk kelas atas Hong Kong, kemudian ia mendapat kenaikan jabatan sebagai pialang dan pindah ke Caine Road, Central pada tahun 1869.

Membuka perusahaan sendiri bersama seorang mantan rekan kerja

Paul Chater kemudian membuka sebuah perusahaan dengan seorang teman baik yang sebelumnya sama-sama bekerja di Bank of Hindustan, China and Japan. Teman tersebut kemudian juga menjadi salah satu orang terkemuka di Hong Kong yaitu Sir Hormusjee Naorojee Mody. Usaha yang mereka lakukan pada mulanya adalah properti dan pasar saham.

Pada tahun 1884, pemerintah Hong Kong menunjuk Paul Chater untuk membangun sebuah pelabuhan di Hong Kong, kemudian ia resmi mendirikan sebuah perusahaan bernama Kowloon Wharves 香港九龍碼頭貨倉 (heung1 gong2 gau2 lung4 ma5 tau4 fo3 chong1) pada tahun 1886.  Di tahun yang sama, Paul Chater membantu seorang teman dokter Sir Patrick Manson membuka sebuah perusahaan yaitu Dairy Farm 牛奶公司 (ngau4 naai5 gung1 si1) dan menjabat sebagai direktur perusahaan tersebut.  Perusahaan Dairy Farm saat ini adalah perusahaan induk dari Wellcome 惠康, Mannings 萬寧, 7-Eleven dan lainnya.

Pada tahun 1889, Chater bekerjasama dengan perusahaan Inggris terbesar di Hong Kong yaitu Jardine Matheson 怡和洋行 (yi4 wo4 yeung4 hong2) mendirikan salah satu perusahaan developer terbesar di Hong Kong yaitu Hongkong Land 香港置地 yang memiliki beberapa gedung penting di daerah Central pada waktu itu seperti Prince's Building 太子大廈 (taai3 ji2 daai6 ha6)Alexandra House 歷山大廈 (lik6 saan1 daai6 ha6) dan lainnya.  Selain itu Paul Chater juga memiliki usaha pertambangan di Hong Kong bernama Hong Kong Mining Company 香港採礦公司 (heung1 gong2 choi2 kong3 gung1 si1).

Berhasil menghimbau pemerintah menjalankan sebuah proyek sehingga menggunakan namanya sebagai nama jalan baru

Pada tahun 1876 Paul Chater mendapat gelar sebagai Justice of the Peace / JP 太平紳士 (taai3 ping4 san1 si2) dan pada tahun 1887-1905 menjadi salah satu anggota dari Legislative Counsil 立法局 (lap6 faat3 guk2).  Pada masa jabatannya dia terus menghimbau pemerintah untuk melakukan reklamasi di perairan Victoria Harbour dan pada tahun 1888 dia berhasil mendapat persetujuan dari pemerintah untuk melaksanakan proyek reklamasi yang ia anjurkan yaitu Praya Reclamation Scheme 海旁填海計劃 (hoi2 pong4 tin4 hoi2 gai3 waak6)

Setelah proyek reklamasi tersebut selesai, area baru tersebut dijadikan pusat komersial dan sebuah jalan di samping laut pada waktu itu dinamakan sebagai Chater Road untuk mengenang jasa Paul Chater dalam proyek reklamasi tersebut.

Perairan Victoria Harbour bagian Central - Sai Wan pada tahun 1870an sebelum proyek reklamasi.
Chater Road pada tahun 1930an.
Chater Road saat ini selain adalah bagian dari pusat komersial tetapi juga merupakan tempat berkumpul para Pekerja Rumah Tangga Filipina berkumpul di hari libur mereka. [Foto: Wikipedia]
Tahukah Anda? Pada Tahun 1990-1994 Ada 300 Ribu Pe...
Tahukah Anda? Pemerintah Hong Kong Sejak 1997 Tida...