Tahukah Anda? Nama Java Road Berasal Dari Sebuah Perusahaan Belanda Di North Point Tahun 1900an

Tahukah Anda? Nama Java Road Berasal Dari Sebuah Perusahaan Belanda Di North Point Tahun 1900an

Menjadi pertanyaan yang banyak dilontarkan oleh orang Indonesia yang bekerja atau tinggal di Hong Kong mengapa sebuah jalan di distrik North Poing, Hong Kong dinamakan Java Road 渣華道 (ja1 wa4 dou6).  Sebenarnya Java Road tidak terkait langsung dengan pulau Jawa di Indonesia, tetapi terkait dengan sebuah perusahaan pelayaran Belanda bernama Royal Interocean Lines 爪哇輪船公司 (jaau2 wa1 leun4 syun4 gung1 si1) yang membuka cabang perusahaan di Hong Kong pada tahun 1900an.

Gedung perkantoran Royal Interocean Lines yang terletak di 191 Java Road, North Point pada tahun 1959.

Perusahaan pelayaran Belanda mempunyai jalur pelayaran antara Shanghai, Hong Kong dan Indonesia

Royal Interocean Lines membuka cabang perusahaan di Hong Kong pada waktu itu dengan tujuan membangun beberapa jalur pelayaran yang menyambungkan kota Shanghai, Hong Kong dengan beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan lain sebagainya.

Kapal pelayaran milik Royal Interocean Lines.

Banyak orang Belanda tinggal di North Point sekitar tahun 1890an

North Point pada tahun 1890an terdapat banyak orang Belanda yang tinggal di sana, maka beberapa perusahaan Belanda juga membuka cabang perusahaan di daerah North Point.  Salah satunya adalah Royal Dutch Shell yaitu salah satu perusahaan minyak dan gas paling terkenal di dunia yaitu Shell.

Jalan baru di North Point dekat Royal Interocean Lines pada tahun 1933

Pada tahun 1933, pemerintah Hong Kong membangun sebuah jalan baru di North Point dekat perusahaan Belanda Royal Interocean Lines ini dan pemerintah memutuskan memberikan nama 爪哇道 (jaau2 wa1 dou6) untuk jalan ini karena nama Chinese perusahaan tersebut adalah "爪哇輪船公司" yang terdapat tulisan 爪哇 (jaau2 wa1) yang berarti pulau "Jawa" di Indonesia.

Merubah nama Chinese Java Road pada tahun 1950an

Pemerintah Hong Kong pada tahun 1950an mulai mengembangkan distrik North Point dan mengganti nama Chinese Java Road dari 爪哇道 (jaau2 wa1 dou6) menjadi 渣華道 (ja1 wa4 dou6), maka sejak itu nama Chinese jalan Java Road tidak lagi terkait dengan pulau Jawa di Indonesia, tetapi nama Inggris tetap menggunakan Java Road.

Perusahaan pelayaran Belanda pindah ke daerah Central pada bulan Juni 1966

Tidak banyak informasi yang diperoleh di internet mengenai perusahaan Belanda ini, tetapi berdasarkan majalah Royal Interocean Lines untuk karyawan terbitan bulan Januari 1967, tercatat bahwa cabang kantor Hong Kong telah pindah dari Java Road ke lokasi baru yaitu gedung Prince's Building di Central pada bulan Juni 1966.  Gedung dan tanah kemudian dibeli oleh perusahaan K. Wah International dan dibangun sebuah gedung baru pada tahun 1991 yang bernama K. Wah Centre yang sekarang terletak di 191 Java Road, North Point.

Tahukah Anda? Gedung Pemerintah Terangker Di Hong ...
Tahukah Anda? Electric Road Di North Point Dulu Ad...