Tahukah Anda? Seragam Sekolah New Method College Diakui Sebagai Seragam Sekolah Terbaik Di Hong Kong

Tahukah Anda? Seragam Sekolah New Method College Diakui Sebagai Seragam Sekolah Terbaik Di Hong Kong

Berbeda dengan Indonesia, seragam setiap sekolah swasta atau sekolah pemerintah di Hong Kong mempunyai ciri khas tersendiri.  Ada sebuah seragam sekolah di Hong Kong yang diakui oleh netizen Hong Kong sebagai seragam terbaik.  Pada umumnya masyarakat mengakui bahwa seragam sekolah dari New Method College 新法書院 (san1 faat3 syu1 yun2) memiliki seragam sekolah dengan desai terbaik di antara semua sekolah di Hong Kong.  

Sekolah ditutup pada tahun 2012

New Method College didirikan pada tahun 1949 yang berlokasi di daerah North Point oleh seorang anggota Legislative Council Hong Kong bernama Wong Chak-sham 王澤森.  Pada mulanya New Method College adalah sebuah sekolah khusus mengajarkan bahasa Inggris.

Pada tahun 1951, New Method College resmi menjadi sebuah sekolah Primary (Sekolah dasar) dan Secondary (Sekolah menengah) dan menjadi sebuah sekolah yang disubsidi pemerintah / sekolah pemerintah pada tahun 1997.  Sekolah tersebut pernah memiliki 4 cabang sekolah yang terletak di Causeway Bay, Mong Kok, Tai Hang dan Ho Man Tin.

Namun sangat disayangkan bahwa sekolah tersebut telah ditutup pada tahun 2012.

Ide desain seragam tersebut dari negara Jepang

Pada tahun 1967, New Method College telah menggunakan seragam yang menyerupai seragam sekolah di negara Jepang.  Pada tahun 1970an, seorang pemilik dari perusahaan pembuat baju seragam sekolah Kam Lun Tailors 金綸服裝 yang bernama Paul Lam 林松坡 berwisata di Jepang dan ia melihat seragam yang digunakan oleh anak-anak sekolah Jepang gunakan dan kemudian mempunyai ide untuk menggunakan desain tersebut untuk seragam sekolah di Hong Kong.

Kebetulan pada waktu itu New Method College membuka cabang sekolah baru dan ingin memperbaharui seragam sekolah mereka, maka Paul Lam menerapkan ide yang dia peroleh pada waktu ia berwisata di Jepang dan membuat seragam sekolah baru untuk sekolah tersebut.

Desain seragam tersebut digunakan oleh New Method College sampai sekolah ditutup pada tahun 2012.  Sampai saat ini seragam tersebut masih diminati oleh banyak orang dan sering terlihat di situs-situs lelang di Hong Kong.

Seragam sekolah New Method College juga digemari di kalangan artis Hong Kong. Aktris sekaligus pembawa acara Priscilla Wong Tsui-yu 黃翠如 juga pernah mengenakan seragam tersebut dan posting di sosmed. [Foto: Priscilla Wong Weibo]
Tahukah Anda? Bahan Imitasi Fin Soup Pada Mulanya ...
Tahukah Anda? Waffle Cake Ala Hong Kong Ada Sejak ...