Apa Yang Harus Diketahui Mengenai Pemecatan Atau Pengunduran Diri Pekerja Rumah Tangga Asing Di Hong Kong

Apa Yang Harus Diketahui Mengenai Pemecatan Atau Pengunduran Diri Pekerja Rumah Tangga Asing Di Hong Kong Foto: Pexels

Mendapatkan majikan atau pekerja rumah tangga asing yang cocok satu dengan yang lain bukan hal yang mudah, apalagi keduanya berasal dari dua negara dengan budaya yang sangat berbeda dan harus tinggal bersama di apartemen Hong Kong yang sangat kecil.  Tidak sedikit terjadi keputusan pemutusan hubungan kerja dari pihak majikan atau dari pekerja rumah tangga asing sewaktu masa kontrak kerja masih berjalan.

Bagaimana mengajukan pemutusan hubungan kerja atau pengunduran diri yang sesuai ketentuan kontrak kerja di Hong Kong?

Menurut ketentuan dari kontrak kerja antara majikan dan pekerja rumah tangga asing di Hong Kong, sebagai pihak yang mengajukan pemutusan kontrak harus memberikan pemberitahuan 1 bulan sebelumnya atau pembayaran sebagai pengganti pemberitahuan yang senilai 1 bulan gaji pekerja rumah tangga asing tersebut.

Jika majikan memecat pekerja rumah tangga asing yang bekerja hanya 3 bulan, berapa banyak cuti tahunan yang harus diberikan oleh majikan kepada pekerja rumah tangga asing tersebut?

Berdasarkan peraturan ketenagakerjaan di Hong Kong, jika pekerja rumah tangga asing tersebut telah bekerja pada majikan yang sama selama 12 bulan, maka ia akan mendapatkan cuti tahunan dengan gaji tetap dibayar sebanyak 7 hari untuk tahun pertama.  Apabila majikan memecat pekerja rumah tangga asingnya yang hanya bekerja 3 bulan, maka majikan harus menggantikan cuti tahunan dengan rumus sebagai berikut:

[ total hari bekerja / 365 hari x 7 hari ]

Contoh: Pekerja rumah tangga asing yang telah bekerja 95 hari kemudian dipecat oleh majikan, maka majikan tersebut harus menggantikan [ 95 / 365 x 7 = 1.82 ] yaitu 1.82 hari.

Apabila pekerja rumah tangga asing tertangkap oleh pihak Kepolisian Hong Kong, bolehkah majikan memecat dia tanpa memberikan dia gaji 1 bulan sebagai pengganti pemberitahuan?

Pekerja rumah tangga asing tersebut walaupun tertangkap karena dicurigai melanggar sebuah hukum di Hong Kong, tetapi sewaktu dia belum dinyatakan bersalah dan majikan memecatnya, maka majikan tetap harus memberikan pengganti uang senilai 1 bulan gaji untuk pengganti pemberitahuan kepada pekerja rumah tangga asing tersebut.  

Sewaktu kontrak kerja berakhir atau pihak majikan memutuskan kontrak kerja, dalam jangka waktu berapa lama majikan harus memberikan tiket pesawat untuk pekerja rumah tangga asing tersebut?

Berdasarkan peraturan ketenagakerjaan di Hong Kong, majikan harus memberikan sisa gaji, tiket pesawat kembali ke negara asalnya dan biaya-biaya lainnya dalam 7 hari setelah kontrak kerja berakhir atau pemutusan kontrak kerja oleh majikan.

Haruskah majikan memberikan biaya transportasi untuk dalam negeri jika tempat tinggal pekerja rumah tangga asing tersebut tidak ada pesawat langsung dari Hong Kong?

Berdasarkan peraturan ketenagakerjaan di Hong Kong, majikan diharuskan menanggung semua biaya transportasi dari Hong Kong sampai dengan kota asal pekerja rumah tangga asing tersebut yang tertulis di dalam kontrak kerja.  Misalnya kontrak kerja tersebut tertulis bahwa pekerja rumah tangga asing tersebut tinggal di kota Malang, maka majikan harus memberikan tiket pesawat dari Hong Kong ke Jakarta dan tiket pesawat atau kereta dalam negeri Jakarta ke Malang.

Terdapat 3 PMI Dalam Kasus Impor Hari Ini. Penamba...
2 Kasus Positif Covid-19 Berasal Dari Tuen Mun Dan...
 

By accepting you will be accessing a service provided by a third-party external to https://www.oranghongkong.com/